• Sat. Jul 31st, 2021

Serba Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Tips Memilih Semangka yang Manis dan Segar

ByShinta

Jun 14, 2021

Semangka adalah buah yang banyak peminatnya karena sangat segar. Semangka adalah buah dengan kandungan air yang paling banyak dari buah lainnya. Ketika memakan beberapa potong buah saja, dapat melepas dahaga karena air yang terkandung di dalamnya berguna untuk menyegarkan tenggorokan.

Agar semakin puas saat memakan semangka, Anda bisa mencoba untuk membeli semangka utuh sendiri. Saat ini, tidak hanya semangka merah saja yang dijual di pasaran, tetapi ada juga semangka kuning dengan daging buah berwarna kuning.

Daftar Tips Memilih Buah Semangka

1.     Bercak Kuning yang Ada di Kulit

Beberapa orang menyebutkan bahwa cara mendapatkan semangka yang manis adalah dengan memilih semangka berwarna hijau tua yang cenderung lebih gelap.

Banyak yang beranggapan bahwa semakin gelap warna kulit semangka adalah termasuk ciri-ciri semangka matang. Namun kenyataannya, semangka yang manis memiliki kulit dengan bercak ataupun spot berwarna kuning.

Bagian yang berwarna kuning ini menjadi petunjuk bahwa semangka matang di atas tanah. Ingatlah, warna bercak tersebut harus benar-benar kuning, tidak orange atau putih.

2.     Terdapat Tanda Jaring Coklat di Kulit

Ketika Anda sedang mengamati semangka, sering kali ditemukan tanda jaring yang tampak melekat pada semangka. Jika Anda menemukan semangka dengan kulit seperti ini, pasti banyak orang yang langsung mengembalikan semangka dan lebih memilih semangka yang berkulit mulus.

Namun pada kenyataannya, tanda jaring coklat di kulit semangka merupakan pertanda bahwa daging buahnya manis. Tanda jaring coklat yang ada di kulit semangka berasal dari adanya penyerbukan lebah pada buah tersebut.

Semakin banyak penyerbukan yang terjadi pada buah semangka, maka semakin manis rasa semangka tersebut. Jadi, jika Anda menemukan semangka yang bertanda jaring coklat di kulitnya, dapat dipastikan bahwa semangka ini memiliki rasa manis.

3.     Menepuk-Nepuk Buah Semangka

Biasanya menepuk-nepuk buah dilakukan ketika memilih kelapa muda yang bagus. Namun, hal ini bisa dilakukan pada saat memilih semangka yang manis dan matang.

Cara yang digunakan sebenarnya sama ketika Anda sedang memilih kelapa muda. Dengan mengambil sebuah semangka utuh, kemudian menepuk-nepuk semua bagian luar semangka.

Ketika Anda menepuk semangka dan bunyinya tidak terdengar nyaring, itu berarti semangka tersebut sudah matang dan mempunyai kadar air yang lebih banyak. Sedangkan, apabila ditepuk Anda merasakan bagian dalamnya nyaring dan bergetar, ini pertanda ciri semangka yang terlalu muda.

4.     Memilih Semangka dengan Garis Hijau Tua

Selain melihat kulit semangka ada bercak kuning atau tidak, Anda juga harus melihat warna garis pada buah ini. Ciri-ciri semangka yang matang bisa dilihat dari warna garis yang ada di kulitnya. Semakin gelap dan tajam warna garis tersebut, berarti semangka mempunyai rasa yang manis.

Garis yang ada pada kulit semangka berwarna hijau tua merupakan tanda bahwa daging semangka itu berwarna merah cerah. Jadi, sebaiknya Anda memilih semangka yang sudah matang agar ketika dimakan rasanya segar dan terasa manis.

5.     Ukuran Kecil atau Besar Tidak Menjamin Rasa Manis

Anda pasti sering memilih semangka dengan ukuran terbesar karena berharap mendapatkan buah yang manis. Namun hal ini salah, karena rasa manis yang terdapat di dalam semangka tidak ada hubungannya dengan ukuran semangka.

Sebaiknya, memilih semangka dengan ukuran yang rata-rata. Meskipun cara ini tidak menjamin Anda benar-benar memperoleh rasa manis di daging buahnya, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini.

Untuk Anda yang masih bingung cara memilih semangka yang manis lebih baik membeli di TaniHub. Di sini, semangka yang dijual dijamin merupakan kualitas terbaik karena tim TaniHub telah melakukan quality control yang sangat ketat dari tiap produk yang dijual di platformnya.

TaniHub merupakan platform perdagangan elektronik (e-commerce) untuk produk-produk pertanian. Dengan aplikasi TaniHub, konsumen bisa memesan buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako tanpa harus pergi ke pasar. Cukup buka smartphone kemudian download TaniHub dan Anda pun dapat langsung berbelanja dengan mudah.