• Sat. Jul 31st, 2021

Serba Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Mendapatkan Rumah Kontrakan Murah di Bekasi Timur

ByShinta

May 11, 2021

Apakah Anda sedang pusing mencari pelakubisnis.my.id rumah yang murah saat pandemi seperti ini? Anda yang mungkin sedang bingung mencari kontrakan Bekasi Timur dengan harga miring, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Ya, menemukan rumah yang disewakan dengan harga yang murah memang tidaklah mudah. Harus ada beberapa usaha yang perlu dilakukan agar bisa menemukan kontrakan yang sesuai dengan selera dan tentu saja, harga yang miring.

Tips Menemukan Rumah Kontrakan dengan Harga Murah Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 yang tidak usai-usai memang berdampak banyak pada sektor ekonomi. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang merasakan dampak ekonomi dari adanya pandemi ini sehingga harus mencari tempat tinggal baru dengan harga yang terjangkau.

Buat Anda yang mungkin pusing menemukan kontrakan di tengah-tengah pandemi ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

1. Lakukan Survei Secara Online

Cobalah untuk melihat beberapa situs sewa kontrakan di kawasan Bekasi Timur. Buat daftar mana saja yang sekiranya cocok dengan budget dan setelah itu Anda bisa langsung menghubungi pemilik. Cobalah untuk melakukan survei secara langsung setelah menghubungi kontak pemilik.

Lakukan survei satu per satu kumpulaninfo.my.id pada daftar rumah yang telah Anda catat sebelumnya. Dengan melakukan survei secara langsung, maka Anda bisa tahu, kondisi real rumah kontrakan yang hendak Anda sewa.

Apakah rumahnya bersih, sering dilanda banjir, luas, akses ke manapun mudah, aman dan sebagainya. Nah, untuk poin yang terakhir, yakni aman, Anda harus memastikan bahwa kontrakan yang Anda tuju ini tidak masuk dalam kawasan yang sangat rawan kejahatan.

2. Survei Langsung ke Lokasi Tujuan

Jika Anda hendak mencari kontrakan Bekasi Timur, maka pastikan untuk sering-sering melakukan survei ke kawasan tersebut. Tidak hanya survei secara online, namun secara langsung untuk mengamati satu per satu rumah yang ada.

Saat pandemi seperti ini, mungkin banyak orang yang berpindah ke kampung asalnya dan rumah tidak diiklankan secara online. Banyak kok pemilik rumah yang hanya mengiklankan rumah di sekitar kampungnya sendiri.

Mereka hanya memasang tulisan di sebuah kertas besar yang menginformasikan bahwasannya rumah sedang dikontrakkan. Baik dipasang di pagar, tembok ataupun di pintu, Anda harus cermat mengamati iklan rumah kontrakan yang ditulis secara manual ini.

Anda harus jeli mengamati satu per satu rumah yang ada untuk menemukan rumah kontrakan murah yang Anda inginkan. Selain itu, jangan lupa untuk bertanya kepada penduduk sekitar apakah ada rumah yang sedang dikontrakkan atau tidak.

3. Cari Rumah yang Aksesnya Jauh Dari Kampus

Rumah yang ada di sekitar kampus, apalagi kampus yang besar pasti akan memberikan harga kontrakan yang mahal. Sekalipun dalam kondisi pandemi, tetap saja pemilik rumah akan mematok harga sewa yang mahal karena memang lokasi rumah yang strategis, dekat dengan kampus.

Jadi, ada baiknya jika Anda mencari rumah kontrakan yang jauh dari kampus. Tarif sewa rumah yang jauh dari kampus memiliki harga sewa yang relatif murah per bulan atau per tahunnya.

4. Ketahui Harga Sewa Rata-rata

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan harga sewa yang lebih murah adalah mempelajari tentang harga sewa rumah di daerah Bekasi Timur dan lingkungan sekitarnya. Anda harus punya rangkaian catatan atau fakta tarif sewa rata-rata di sekitar Bekasi agar bisa menegosiasikan sewa.

 Jika daerah tersebut ada banyak rumah yang kosong dan ada banyak unit yang disewakan, mungkin harga sewanya bisa relatif murah.

Rumah yang kosong lama membuat pemilik kehilangan pendapatan setiap bulannya. Jika ada rumah yang kosong lama, pemilik mungkin lebih suka memberikan tarif sewa yang lebih rendah daripada membiarkannya kosong selama satu bulan lagi.

5. Tawar Harga Sewa

Anda harus pandai dalam melakukan tawar menawar harga sewa. Tidak semua pemilik akan memberikan harga sewa yang seharusnya dibayarkan.

Beberapa dari pemilik rumah akan menaikkan harga tarif sewa di atas rata-rata terlebih dahulu karena yakin orang yang akan menyewanya pasti melakukan penawaran.

Nah, kalau Anda tidak bisa menawar dan hanya asal mengiyakan tarifnya, maka Anda bisa saja rugi. Jadi, tawarlah harga sewa kepada pemilik rumah agar bisa mendapatkan tarif yang lebih murah.

6. Cari Pemilik yang Mengizinkan Rumah untuk Diisi oleh Banyak Orang

Cobalah untuk menemukan pemilik rumah yang memperbolehkan Anda untuk membawa banyak anggota untuk tinggal di rumah kontrakan. Kalau Anda mencari rumah kontrakan untuk teman-teman kuliah, teman kerja atau teman dari kampung, maka harga sewa bisa lebih murah dengan sistem iuran.

Semakin banyak yang tinggal, maka akan semakin murah iuran yang ditetapkan. Jika memang Anda mencari kontrakan untuk keluarga, maka cobalah menemukan pemilik rumah yang baik agar Anda bisa menawar harga dan mendapatkan keringanan jika suatu ketika terlambat membayar sewa.

7. Tanyakan Tentang Kesepakatan Sewa

Tanyakan kepada pemilik apakah ada diskon untuk sewa dalam jangka panjang. Jika Anda benar-benar menyukai rumah kontrakan dan berencana untuk tinggal di daerah tersebut selama beberapa tahun ke depan, tawarkan untuk menandatangani sewa yang lebih lama dengan imbalan harga yang lebih rendah.

8. Bayar DP dan Biaya Sewa yang Banyak

Tawarkan untuk membayar sewa untuk dua bulan pertama di muka atau uang DP yang lebih tinggi. Jika saat ini pemilik sedang merenovasi rumah atau memperbaiki area sekitarnya, pemilik mungkin lebih suka mendapatkan lebih banyak uang sekarang untuk tambahan biaya perbaikan.

Pemilik rumah kontrakan mendapat uang mejawarta.my.id tunai lebih banyak, Anda mendapat sewa rumah kontrakan yang lebih murah.

Dengan 8 tips di atas, Anda bisa kok menemukan kontrakan Bekasi Timur yang murah di sana. Cobalah untuk melakukan survei online dan lakukan pengamatan langsung untuk temukan harga sewa rumah terbaik.